Rabu, 16 Mei 2018

Cara Membasmi Hama Kutu Putih Ranggati pada Pohon Gaharu


Hasil gambar untuk kutu putih ranggati pada daun gaharu

Masalah hama yang sering ditemui pada pohon gaharu adalah masalah bagaimana membasmi hama putih pohon gaharu. Hama putih ini berupa kutu putih yang berbahaya terutama pada tanaman gaharu yang masih muda.

Hama kutu putih ini menyerang di bagian batang dan di bawah permukaan daun. Perkembangan hama kutu putih sangat cepat bila tidak segera dibasmi akan menyebabkan tanaman gaharu kerdil, kering kemudian mati.


Ketika tanaman gaharu muda diserang oleh hama kutu putih, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusir dan membasminya. Membasmi kutu putih pada pohon gaharu dapat dilakukan sebagai berikut:

Membasmi Hama Kutu Putih dengan Air Sabun Colek/Detergen Bubuk.
Caranya campurkan satu sendok makan sabun/detergen dengan air bersih satu liter kemudian diaduk-aduk beberapa saat. Tambahkan sipin satu sendok makan untuk hasil yang maksimal. kemudian semprotkan dari arah bawah dimana kutu putih berada atau lapkan dengan spon ke bagian yang terkena kutu putih tersebut. Untuk lebih baiknya pohon di condongkan agar air sisa semprotan tidak mengenai akar pohon. semprot setiap hari sekali sampai kutu putihnya hilang. lakukan di pagi hari karena salah satu fungsi cairan sabun tersebut adalah untuk menghilangkan lapisan lilin yang terdapat pada kutu putih tersebut yang menyebabkannya sukar dibasmi dengan pestesida biasa.



justify;"> Membasmi Hama Kutu Putih dengan Manual
Bila Anda cukup telaten dan sabar, kutu putih seperti itu bisa dibasmi dengan cara manual, yaitu membersihkannya memakai tangan :D

Membasmi Kutu Putih dengan Predator Kutu Putih
Cara ini cukup sulit karena mencari Anda harus mencari predator kutu putih dan menyimpannya di pohon yang terinfeksi kutu putih. Predator kutu putih salah satunya adalah semut rang-rang (semut merah besar telurnya biasa dijadikan makanan burung) Peliharalah semut rang-rang di dekat pohon gaharu, ikatkan sisa tulang ayam atau ikan untuk mengundang datangnya serangga rang-rang. Maka semut rang-rang akan memakan kutu putih tersebut.

Bisnis Gaharu Indonesia

Membasmi Kutu Putih dengan Obat Kimia
Racun kimia (pestisida) untuk hama putih banyak tersedia di toko pupuk dan pertanian. Anda bisa dengan mudah membelinya kemudian menyemprotkannya pada pohon yang terserang hama penyakit kutu putih.

Bila dirasakan perlu Anda bisa juga melakukan Pemangkasan Cabang Gaharu yang terinfeksi hama putih.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar