Rabu, 16 Mei 2018

CARA MEMBASMI KUTU PUTIH PADA TANAMAN GAHARU

Hasil gambar untuk kutu daun gaharu

     
 KUTU putih merupakan salah satu hama tanaman gaharu yang berbahaya terutama pada tanaman muda, hama ini menyerang di bagian batang dan dibawah permukaan daun. perkembangannya sangat cepat sehingga bila tidak segera dibasmi akan menyebabkan tanaman kerdil, kering dan mati.
Berikut adalah beberapa caara mengatasi kutu putih secara sederhana namun terbukti efektif :
    1. Dengan air sabun colek/detergen bubuk.
    Caranya campurkan satu sendok makan sabun/detergen dengan air bersih satu liter kemudian diaduk-aduk beberapa saat. Tambahkan sipin satu sendok makan untuk hasil yang maksimal. kemudian semprotkan dari arah bawah dimana kutu putih berada atau lapkan dengan spon ke bagian yang terkena kutu putih tersebut. Untuk lebih baiknya pohon di condongkan agar air sisa semprotan tidak mengenai akar pohon.  semprot setiap hari sekali sampai kutu putihnya hilang. lakukan di pagi hari karena salah satu fungsi cairan sabun tersebut adalah untuk menghilangkan lapisan lilin yang terdapat pada kutu putih tersebut yang menyebabkannya sukar dibasmi dengan pestesida biasa.
   2. Dengan memelihara serangga rang-rang (semut merah besar telurnya biasa dijadikan makanan burung) Peliharalah semut rang-rang di dekat pohon gaharu, ikatkan sisa tulang ayam atau ikan untuk mengundang datangnya serangga rang-rang. Maka semut rang-rang akan memakan kutu putih tersebut.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar