Kamis, 17 Mei 2018

Nilai-Nilai Penting dari Gaharu atau Agarwood

Hasil gambar untuk agama dan gaharu Gaharu adalah komoditas perdagangan kuno sudah diperdagangkan lewat "Jalur Sutra" - The Silk Road - Dari Asia - Timur Tengah - Eropa jauh sebelum Marco Polo menjejakkan kakinya di Bumi Tiongkok dan membawa pulang Mie - yang di Italia dimodifikasi menjadi Spaghetti dan jenis-jenis Makanan Pasta lainnya yang khas Italia.
Nilai Gaharu ada beberapa saya uraikan di bawah ini supaya menjadi jelas:
1. Nilai Wangi – perfumeries – Nilai Ekonomi Tertinggi Wangi dari ekstrak sulingan (distilasi) Kayu Gaharu mempunyai nilai yang paling MAHAL sepanjang segala ABAD . . . Anda bisa cek di Kitab Suci Injil . . . Tiga Orang Majus membawa wewangian kepada Bayi Yesus - Frankincense, Myrrh dan Gaharu . . . Nilai wewangian ini banyak menjadi bahan formula campuran untuk Perfume dari Timur Tengah (kontras dari Perancis mereka jarang atau bahkan tidak pakai Gaharu sebagai bahan campurannya). Konsumsi Timur Tengah terhadap Gaharu adalah sekitar 3,3 Millyar Dollar US per Tahunnya, Nilai Rupiahnya sebanding 46,2 Trilyun. Belum Jepang, Taiwan, Tiongkok, Korea, India . . . he he he . . . INDONESIA juga . . . Nilai ekonomi Gaharu ini sungguh luar biasa, siapakah penikmat utama dari hasil perdagangan Gaharu ini? Apakah Petani Gaharu mendapat porsi yang memadai dari share nilai $ atau Rp dari Gaharu ini?
2. Nilai Religius - Berdoa Menggunakan Gaharu Berdoa dengan membakar Gaharu banyak dipercayai doanya tembus sampai langit ke Tujuh. Masjidil Haram di Mekah di mana semua orang yang naik Haji berdoa di sana, Serbuk Gaharu di bakar di sana 24 Jam - 7 hari seminggu - NON STOP. Dalam Agama Hindu dan Budha, membakar Dupa (dibuat dari serbuk Gaharu) sudah merupakan Doa sendiri. Dalam Agama Katholik, di dalam Upacara Misa Raya selalu ada pembakaran Dupa dengan menggunakan “Wirok” yaitu pedupaan yang bisa digoyang-goyang sehingga asap dan wanginya menyebar dengan cepat ke seluruh ruangan.
3. Nilai Psychologis – Aroma-therapy - Membuat Tenang Gaharu dan beberapa wewangian alami adalah Penghilang STRESS yang paling efektif . . . Anda Stress, bingung, mau bunuh diri . . . sempatkan diri anda membakar sepotong kecil kemendangan Gaharu . . . Saya jamin anda tak jadi bunuh diri - bahkan anda menjadi lupa bahwa anda punya masalah besar yang membuat anda stress . . . Pesan saya: simpanlah sepotong kecil kayu Gaharu di dompet anda dan bakarlah kayu wangi itu pada saat anda membutuhkannya . . .
4. Nilai Medis - Penyembuh Sakit Lever Stadium Final Saya tidak percaya tentang keampuhan medis dari Kayu Gubal Gaharu ini tapi dari telusuran Penelitian saya sampai kepada Kompendium Medicine China - Jepang - Korea menyebut Gubal Gaharu adalah penyembuh Penyakit Lever (Hati) stadium akhir . . . Ada cerita seorang Bikhu berkeling ke desa-desa di Tiongkok, setiap kali ada orang sakit parah dia diundang untuk mendoakan supaya orang itu cepat sembuh . . . Sang Bikhu dengan tulus mendoakan orang yang sakit parah itu . . . tapi setelah berdoa dia mencopot satu bead Tasbih Gaharu miliknya untuk ditumbuknya dan dipersiapkannya menjadi obat dan diberikan kepada si pasien . . . kata cerita ini . . . Si Sakit yang sudah tidak punya harapan hidup ini kemudian menjadi sembuh dengan Obat Gaharu Sang Bikhu . . . Di Jaman Modern ini . . . Jerman, Taiwan, China, Jepang, Korea berlomba mencari jawaban Sakit apa saja yang bisa atau mampu disembuhkan dengan Obat dari Kayu Gaharu ini . . . Kita tunggu saja hasil Penemuan Gemilang dari Para Ahli Medika dari negara-negara yang saya sebut di atas . . . Saya sendiri juga sedang membuat pelbagai penelitian tentang manfaat Gaharu sebagai Obat Herbal . . . Kalau anda punya Uang Segudang Tapi Menderita Sakit parah, apa gunanya uang itu . . . anda akan berusaha menggunakan uang tersebut untuk MEMBELI KESEMBUHAN . . . Lebih canggih lagi, uang anda yang lumayan banyak itu anda pakai untuk menghindari segala penyebab yang mungkin membuat anda menjadi menderita penyakit . . . seperti mengkonsumsi makanan SEHAT dan Bebas Pestisida . . . anda bisa menikmati kualitas hidup yang lebih baik . . . lebih membahagiakan . . . Sangat Sederhana Bukan?
6. Kopi Gaharu Kopi memberikan kenikmatan waktu kita si penikmat Kopi mensentrupnya, kenikmatan kopi juga ada pada Aromanya; Kopi fermentasi usus Luwak memang luar biasa aromanya; tapi bagaimana kalau Kopi apapun kelasnya diramu dengan Aroma Gaharu bayagkan nikmatnya menjadi kwadrat alias Pangkat Dua, secara matematis kenikmatannya exponensial, ck . . ck . . ck Sungguh Luar biasa.
7. Vape Gaharu Vape adalah suatu cara baru Merokok tanpa harus menyedot Tarmac, atau Tar, atau Ter atau juga biasa disebut Aspal. Ini suatu kandungan dari kenikmatan merokok tembakau yang sungguh harus dihindarkan. Tarmac atau Tar atau Ter atau Aspal bisa menjadi semua sumber bencana penyakit, sebut saja KANKER. Aduh, bisa gak menikmati Rokok dengan Nicotine yang membuat sedap dan ketagihan, Aroma tembakaunya (bisa pilih Srintil, Wonosobo, Klaten dsb.), tambah lagi Aroma Top Markotop dari Gaharu atau Ouds atau di Jepang disebut Jin Koh Ya . . . He . . . he . . . he . . . nikmatnya di jamin Puool, Sempurna . . .
8. Teh Gaharu ada dua jenis Teh Gaharu; yang Pertama Teh Hijau Gaharu yang dibuat dengan cara memanen daun Gaharu muda atau yang masih segar dengan cara dikeringkan tanpa dianginkan dan tanpa penyinaran sinar matahari langsung, dari proses ini dihasilkan teh Gaharu Hijau;yang Kedua Teh Hitam Gaharu yang diproses dari Daun gaharu yang tua dan Gugur karena proses inokulasi. Daun Dibersihkan dengan air lalu dikeringkan dan kemudian dicacah menjadi bubuk hancur seperti daun teh celup . . . Idealnya pengkemasannya dengan cara dikemas seperti Teh Celup. Nilai dari Teh Gaharu ini adalah nilai-nilai kesehatan yang memperlancar metabolisme tubuh dan pencernaan. Aromanya juga tentu menjadi NILAI TAMBAH kenikmatan tersendiri . . .
9. Nilai-nilai Metaphysics Saya yakin masih ada Nilai-Nilai metaphysics dan Manfaat Gaharu yang masih harus ditemukan . . . Saya sendiri SEDANG MENELUSURI temuan-temuan ini . . . Saya menjabarkan nilai-nilai metaphysics ini sebagai suatu nilai yang melampaui kejasmanian . . . Misalnya kebahagiaan yang diperoleh dengan menikmati Gaharu ini . . . tentu tak ternilai . . .
Kalau nilai non-ilmiah banyak sekali . . . tapi sebaiknya tidak saya uraikan di sini . . . Semoga Panjelasan saya Bermanfaat dan Mencerahkan kita semua
Cikarang, 14 Februari 2016 - Di Hari Kasih Sayang – Valentine Day Diedit ulang: 5 Oktober 2017 - Hari TNI Oleh: Dr. Elias Tana Moning BA. Phil., M. Agr., Ed. D. sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar