Minggu, 04 Maret 2018

30 Manfaat dan Khasiat Batang Gaharu Untuk Kesehatan


batang gaharu,manfaat gaharu,khasiat gaharu
Khasiat.co.id – 
 Gaharu merupakan tanaman yang memiliki kayu kehitaman. Batang gaharu memiliki aroma wangi yang khas sehingga sering dijadikan bahan utama parfum yang memiliki nilai jual tinggi. Gaharu banyak tumbuh di daerah Asia terutama di Indonesia. Tanaman gaharu masuk dalam genus Aquilaria. Meski termasuk pohon berkayu, gaharu dikelompokkan dalam Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK).

Selama ini, pemanfaatan gaharu memang sebatas untuk industri wewangian saja. Batang gaharu biasanya dicincang dan digunakan sebagai bahan utama pembuatan dupa. Selain itu, kayu gaharu biayanya diolah menjadi aneka aksesoris yang dipercaya memiliki kekuatan magis untuk menangkal jin dan juga sihir.
Secara fisik, tanaman gaharu hampir sama dengan pohon beringin. hanya saja, gaharu tidak memiliki akar gantung. Pada usia 25 tahun, gaharu akan menghasilkan gubal, yaitu resin berwarna hitam yang mengeluarkan bau harum. Gubal inilah yang biasa diincar oleh para pembudidaya tanaman gaharu.
Sebenarnya, tak hanya gubal saja yang bisa dimanfaatkan dari tanaman gaharu. Batang gaharu dapat diolah menjadi minyak atsiri yang kaya manfaat. Selain itu, batang dan daun gaharu juga dapat digunakan sebagai teh herbal yang kaya khasiat. Berikut beberapa manfaat batang gaharu.

1. Menjaga kesehatan ginjal

Batang gaharu dipercaya mampu dijadikan sebagai bahan utama obat herbal untuk ginjal. Jika diseduh dan diminum secara teratur, teh batang tanaman ini bahkan dapat mengobati penyakit ginjal yang sudah kronis seperti batu ginjal dan gagal ginjal. Cara pengobatan ginjal dengan menggunakan batang tanaman gaharu seperti ini sudah dilakukan selama ratusan tahun di Jepang dan Cina.

2. Mengatasi sakit perut

Teh yang terbuat dari batang gaharu terbukti mampu mengatasi aneka penyakit perut seperti kembung karena masuk angin, sembelit dan juga diare.

3. Menurunkan tekanan darah

Batang gaharu memiliki sifat menghilangkan sumbatan dan melebarkan pembuluh darah. Oleh karena itu, seduhan batang tanaman yang sering digunakan sebagai penangkal ilmu sihir ini dapat menurunkan tekanan darah.

4. Mencegah penuaan dini

Limbah penyulingan batang gaharu akan menghasilkan minyak atsiri. Minyak hasil pengolahan batang gaharu inilah yang bisa dipakai untuk mencegah penuaan dini sekaligus melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV.

5. Mencegah tumor

Manfaat batang gaharu yang sangat jarang diketahui adalah untuk mencegah tumor. Batang kayu gahayu mengandung flavonoid yang mampu menjaga kesehatan tingkat sel. Karena itulah, batang tanaman ini dapat digunakan untuk mengobati tumor.

6. Mencegah kanker

Di India, batang kayu gaharu telah lama digunakan sebagai obat kanker  usus. Sedangkan di Cina, batang tanaman wangi ini juga digunakan untuk mengobati aneka jenis kanker. Tak hanya itu, penelitian terbaru juga mendukung bahwa salah satu manfaat batang gaharu yang tersembunyi adalah untuk melawan sel kanker dan tumor.

7. Merilekskan pikiran

Sebagai tanaman yang memiliki bau haru, gaharu mampu merileksasikan pikiran. Wangi yang dihasilkan oleh batang kayu gaharu akan membuat suasana hati lebih baik. Untuk menggunakannya, cukup seduh batang kayu gaharu lalu hirup aromanya. Cara lainnya adalah dengan membakar kayu gaharu dan membiarkannya mengepulkan asap wangi.

8. Mengobati asma

Manfaat batang gaharu lainnya adalah untuk mengobati gangguan pernapasan terutama asma. Hal ini dikarenakan batang tanaman gaharu memiliki sifat anti asmatik, yaitu sifat melegakan dan melancarkan kembali sistem pernapasan.

9. Mengatasi insomnia

Seperti yang dibahas sebelumnya, aroma yang dikeluarkan batang gaharu mampu merileksasikan pikiran. Oleh karena itu, menghirup wangi gaharu di malam hari mampu membuat tidur lebih nyenyak dan bangun lebih bugar keesokan harinya.

10. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat batang gaharu yang telah lama dipercayai masyarakat adalah untuk mengatasi diabetes. Seduhan batang tanaman gaharu dipercaya mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Untuk mendapatkan hasil maksimal dan juga rasa yang lebih enak, Anda bisa mencampurkan sedikit batang kayu manis pada seduhan.

11. Menguraikan racun dalam tubuh

Khasiat batang gaharu lainnya adalah untuk mendetoksifikasi racun dalam tubuh. Sama seperti bahan herbal pengurai racun lainnya, batang tanaman gaharu juga memiliki efek diuritik sehingga Anda akan mengalami kenaikan frekuensi buang air kecil selama masa detoksifikasi.

12. Mengobati stroke

Manfaat batang gaharu selanjutnya adalah untuk mengobati stroke. Gaharu dipercaya mampu mengatasi stroke karena dapat melancarkan kembali peredaran yang tersumbat. Pengobatan stroke  dengan metode ini mungkin memakan waktu cukup lama. Namun, tak sedikit dari pasien stroke yang kembali pilih hanya dengan memanfaatkan gaharu.

18 Manfaat dan Khasiat Batang Gaharu Untuk Kesehatan Lainnya

13. Meningkatkan kekebalan tubuh
14. Menyehatkan sistem limpa
15. Menyehatkan organ hati
16. Mengobati asam urat
17. Menurunkan kolesterol
18. Mengatasi masalah pasutri
19. Antiseptik
20. Anti-infalamasi
21. Antibiotik
22. Meningkatkan berat badan
23. Kanker prostat
24. Kelainan pada tiroid
25. Mabuk perjalanan
26. Sembelit
27. Menyehatkan paru-paru
28. Melancarkan peredaran darah
29. Sakit kepala
30. Mengatasi aneka macam penyakit kulit
Itulah tadi beberapa manfaat batang gaharu bagi kesehatan. Manfaat tersebut juga bisa Anda peroleh dengan mengkonsumsi teh daun gaharu. Namun, Anda perlu ingat bahwa tidak ada pengobatan herbal yang mendatangkan hasil instan. Jadi, Anda mungkin tidak dapat merasakan khasiat batang gaharu hanya degan sekali coba. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang pengobatan herbal, temukan juga khasiat batang lainnya disini.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar