Selasa, 06 Maret 2018

Akhirnya Gaharu Ekspor Langsung ke China.


Hasil gambar untuk gaharu
JAKARTA, KOMPAS.com — China akhirnya mengimpor gaharu secara langsung dari Indonesia. Selama ini China mengimpor gaharu lewat negara perantara, seperti Taiwan, Singapura, dan Hongkong. Ekspor gaharu langsung ke China ini ditandai dengan pengiriman perdana pada Senin (14/3/2011). Sebanyak 4 ton gaharu berbentuk serpihan dikirimkan ke China.



Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan, ekspor langsung ini memberikan dua keuntungan bagi pemerintah. "Pertama, volume perdagangan kita meningkat. Kedua, petani dan pengusaha di sektor kehutanan, terutama gaharu, harganya tinggi karena tidak diambil fee lagi oleh pihak ketiga, demikian juga pihak China," ujarnya. Ketua Asosiasi Gaharu Indonesia Mashur mengatakan, selama ini perdagangan langsung gaharu dari Indonesia ke China dihalangi sindikasi mafia. "Karena gaharu ini memang sangat mahal," ujarnya. Mashur mengungkapkan, untuk gaharu kualitas paling tinggi di Indonesia yaitu Aquilaria filaria yang kebanyakan berada di hutan Kalimantan Timur harganya mencapai Rp 150 juta. "Kalau di China mereka bisa jual Rp 400 juta per kg," ujarnya. Sedangkan di Timur Tengah dia bilang, untuk yang kualitas tinggi ini dijual dengan harga Rp 300 juta. Menurut Mashur, selama ini sumber gaharu Indonesia sebanyak 98 persen masih berasal dari hutan alam. "Potensinya di Indonesia masih sangat tinggi dari hutan yang sangat luas," ujarnya. Satu pohon, dia bilang, bisa menghasilkan 600 kg serpihan (chips). Ke depannya, Kementerian Kehutanan akan mengembangkan budidaya gaharu. Saat ini budidaya gaharu sudah mulai dikembangkan di Bangka, Sukabumi, Bogor, Lampung, dan NTT. (Petrus Dabu/Kontan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Akhirnya Gaharu Ekspor Langsung ke China", https://regional.kompas.com/read/2011/03/14/15532378/akhirnya.gaharu.ekspor.langsung.ke.china.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar