Rabu, 07 Maret 2018

Informasi tentang komoditi kayu lokal indonesia



Hasil gambar untuk gaharu siap jual
Harga Pasaran Kayu Gaharu Kualitas Terbaik di Indonesia


kayugaharuku.wordpress.com
 – Harga Pasaran Kayu Gaharu Kualitas Terbaik di Indonesia – Pada awalnya Indonesia mulai mulai mengekspor komoditi ini dengan jenis damar ke Negeri Tirai Bambu China Setelah sebelumnya yang melalui Negara perantara seperti Taiwan, Singapura dan Hong Kong. Oleh karena itu hasil para petani komoditi ini melonjak drastis dengan hilangnya pihak ketiga atau lebih akrab disebut “calo”.

Untuk di pangsa pasar kayu gaharu  mencapai lebih dari 5.000 ton per tahun dan China telah menjadi salah satu importir gaharu terbesar sebanyak 500 ton per tahun. Adapun Negara yang biasa menjadi pelanggan tetap komoditi gaharu seperti: Saudi Arabia, Emirat Arab, Taiwan, Singapura, Hong Kong, AS dan Uni Eropa, Namun tetap saja China yang menjadi Negara dengan permintaan terbesar.
Dalam lima tahun terakhir total ekspor kayu gaharu Indonesia mencapai 200-600 ton dan menghasilkan devisa sebesar US$56 juta di tahun 2008 dan meningkat menjadi US$136 juta pada tahun 2012. Kayu gaharu yang biasa diekspor berbentuk chips, blok, bubuk dan minyak.
Potensi gaharu di Indonesia diperkirakan mencapai 600.000 ton setahun dengan sentra produksi di Papua, Kalimantan dan Sumatera. Harga gaharu Indonesia berkisar antara Rp.150.000 dan Rp.200.000 per kilogram tergantung kualitasnya. Baru-baru ini, pertanian gaharu telah mulai dikembangkan di daerah Bangka, Sukabumi, Bogor, Lampung dan Nusa Tenggara Timur.

Harga Pasaran Kayu Gaharu Kualitas Terbaik di Indonesia

Harga pasar Kualitas terbaik gaharu di Indonesia (Aquilaria filaria) berasal dari hutan Kalimantan Timur yang bisa terjual hingga Rp200 juta per kilogram. Di China jenis kayu tersebut dapat terjual hingga Rp.500 juta per kilogram, sedangkan di kawasan Timur Tengah harganya bisa mencapai Rp.300 juta per kilogram.
Dengan harga pasar yang demikian tinggi, patut diketahui, apakah kegunaan kayu istimewa ini? Kegunaan kayu ini sendiri sebagian memang sebagai sajian dalam ritual keagamaan umat Budha, namun disisi lain aroma terapi yang harum yang dihasilkan dari kayu ini, sering dimanfaatkan juga sebagai perngharum ruangan di negara negara maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar