Rabu, 11 April 2018

50 Peluang Usaha 2018 Yang Menjanjikan


peluang bisnis
Peluang usaha di tahun 2018 ini semakin banyak dicari oleh masyarakat khususnya yang berminat untuk mengembangkan sayap di dunia bisnis tanpa bergantung pada atasan. Tingginya minat masyarakat untuk membuka dunia bisnis secara mandiri tak terlepas karena perkembangan ekonomi disertai perkembangan teknologi yang semakin pesat. Saat ini telah terlahir banyak sekali cabang bisnis yang dapat dijalankan secara mudah baik bisnis offline maupun online.

Daftar 50 peluang usaha 2018 dengan tingkat keberhasilan tinggi
Pertumbuhan pebisnis dipastikan selalu meningkat setiap tahunnya dengan variasi sektor bisnis yang juga semakin banyak. Seperti tahun 2018, banyak pendatang baru dalam dunia bisnis membuat trend bisnis 2018 menjadi sangat menantang. Selain dibutuhkan beberapa faktor penentu yang matang seperti modal dan relasi, dalam dunia bisnis juga diperlukan inovasi-inovasi baru agar  dapat mudah dilirk dan berkembang menjadi bisnis besar.
Berikut ini merupakan daftar 50 peluang usaha yang menjanjikan dan dapat dijadikan pilihan dalam berbisnis. Salah satu pasti cocok dengan anda!
1. Berjualan produk online melalui blog pribadi
Peluang usaha 2018 yang pertama adalah berjualan produk pada blog pribadi. Kebanyakan orang sudah pesimis dahulu dan berpendapat jika dirinya gaptek sehingga membuang jauh-jauh niat untuk berbisnis secara online melalui blog pribadi. Namun kini memiliki blog bukanlah sesuatu yang sulit karena mudah dipelajari. Biaya untuk membuat domain juga relatif terjangkau sehingga tidak memerlukan modal banyak. Sedangkan untuk produk yang dijual, kini telah tersedia banyak sekali varian produk yang dapat ditawarkan. Pilihlah yang memiliki prospek bagus. Anda dapat bekerjasama dengan toko offline yang belum promosi secara online atau menjadi dropshiper.
2. Berjualan produk dengan menjadi dropshipper
Sudah sedikit dibahas di penjelasan sebelumnya mengenai dropshipper yang dapat dijadikan pilihan membuka peluang usaha yang memiliki prospek bagus. Menjadi dropshipper sangatlah mudah karena Anda tinggal mengajukan pesanan sesuai permintaan konsumen kepada supplier kemudian barang yang dipesan akan sampai ke tangan konsumen secara langsung. Keuntungan menjadi dropshiper cukup variatif mulai dari tidak membutuhkan modal banyak, fleksibel dilakukan darimana saja dan tidak membutuhkan stok barang. Namun langkah ini juga memiliki kelemahan antara lain kualitas produknya yang tidak terkontrol, memperoleh margin keuntungan yang lebih kecil dan tidak dapat memantau stok pada supplier.
3. Berjualan produk melalui pasar online
Selain berjualan dengan blog pribadi atau menjadi dropshiper, langkah tepat untuk membuka peluang usaha 2018 dapat dilakukan pula dengan membuka lapak di berbagai situs pasar online yang saat ini banyak sekali tersedia. Langkah untuk berjualan di pasar online ini justru lebih mudah dan gratis. Selain dapat dioperasikan melalui komputer, berjualan produk secara online di situs pasar online juga dapat dioperasikan melalui smartphone dimana dan kapan saja. Apalagi saat ini masyarakat dunia sudah sangat familiar dengan marketplace atau pasar online. beberapa pasar online yang dapat dimanfaatkan antara lain OLX, ebay, Bukalapak, Lazada, Tokopedia, Kaskus FJB, Berrybenka dan masih banyak lagi yang lain. Disamping itu, menjadi Dropshipper juga bisa anda terapkan dengan berjualan di marketplace online ini.
4. Bisnis afiliasi
Memiliki prinsip yang hampir sama dengan berjualan, melakukan bisnis afiliasi nyatanya dapat memberikan keuntungan dengan memanfaatkan internet. Afiliasi merupakan sebuah bisnis yang dijalankan dengan menjual produk milik pihak lain kemudian akan memperoleh komisi sesuai kesepakatan atas kinerja tersebut. untuk variasi produk yang dijual, terdapat banyak sekali macam produk dari produk berjenis barang hingga jasa, dari yang berbentuk fisik hingga digital. Kemampuan yang wajib dimiliki oleh seseorang yang hendak menjadi afiliator adalah kemampuan internet marketing yang akan mengantarkan pada jalur kesuksesan.
5. Software developer
Bisnis yang satu ini diramalkan akan subur hingga beberapa tahun mendatang bahkan berpuluh tahun mendatang. Bahkan baru-baru ini terdapat pernyataan yang menyebutkan bisnis software developer atau pengembangan software akan menjadi bisnis yang paling melesat hingga 2020 mendatang. Hal ini terjadi tentu saja karena perkembangan teknologi yang semakin meningkat dan gaya hidup masyarakat yang semakin modern dan semakin menuju ke kemajuan pesat. Tak heran jika menjalankan bisnis sebagai pengembang software akan menjadi bisnis yang sangat diperhitungkan dan menghasilkan keuntungan besar. Software Developer juga merupakan bisnis yang sangat booming di tahun ini dan memiliki banyak sekali peminat.
6. Bisnis pendirian startup
Startup mulai muncul sejak awal masuknya jaringan internet di Indonesia. Beberapa stratup yang sukses merambah dunia bisnis di Indonesia antara lain Tokopedia, Traveloka, OLX, Bukalapak, Gojek dan masih banyak lagi. Tahun 2017 ini, bisnis startup semakin berkembang pesat dan semakin banyak dilirik oleh investaor internasional. Bahkan pemerintah juga telah mendukung peluang usaha di bidang ini dengan menggerakkan semangat gerakan seribu startup di tahun 2020 mendatang. Hal ini dapat dijadikan dasar awal bagi Anda yang hendak membuka peluang usaha startup. Untuk memulai startup, pastikan beberapa hal seperti jenis dan kebutuhan pasar. Dengan demikian, aplikasi langsung dapat dibuat dan bisnis startup pun dapat bertahan lama.
7. Bisnis Cloud Hosting
Tahun 2018 dan tahun-tahun berikutnya menjadi tahun bintang bagi bisnis cloud hosting. Masih berhubungan dengan kemajuan teknologi serta pola hidup masyarakat yang semakin melek tekonologi, membuat subyek startup juga semakin meningkat. Untuk ambil bagian dan memperoleh keuntungan besar dalam moment ini, maka melakkukan bisnis cloud hosting merupakan langkah yang tepat. Selain pengalaman mengenai teknologi semakin bertambah, pundi-pundi rupiah yang dihasilkan oleh bisnis ini juga cukup tinggi. Yang terpenting untuk dilakukan sebelum memulai bisnis ini adalah mendalami dan mengetahui lebih jauh mengenai cloud hosting dan berbagai aspek yang berhubungan.
8. FinTech
FinTech merupakan sebuah inovasi yang dikembangkan di bidang teknologi finansial yang dikemas secara praktis dan lebih modern. Bisnis FinTech merupakan bisnis yang sangat menjanjikan karena memadukan teknologi up to date yang dapat digunakan dalam berbagai macam proses dan transaksi seperti pembayaran, transfer, layanan peminjaman uang, jual beli saham dan masih banyak lagi. Beberapa aplikasi FinTech yang saat ini sudah berkembang dan berhasil antara lain GO-Pay yang diusung GO-Jek yang dapat langsung melakukan transfer sejumlah uang kepada driver setelah penumpang sampai pada tempat tujuan saat menggunakan gojek.
9. Penyedia jasa desain grafis online
Masih berhubungan dengan dunia online, salah satu bisnis yang banyak dijadikan inspirasi bisnis karena hasilnya yang cukup tinggi. Di era modernisasi ini, tangan-tangan kreatif sangat dibutuhkan untuk menciptakan produk-produk grafis yang berkualitas. Bahkan bagi yang sudah sangat ahli dalam hal desain grafis, bukan tidak mungkin dapat memperoleh penghasilan puluhan juta tiap bulannya. Bagi yang sudah ahli, penawaran jasa desain grafis dapat dilakukan melalui website aau blog pribadi dan diolah dengan manajerial yang baik. Sedangkan bagi yang masih pemula dalam hal desain grafis, dapat bergabung dengan marketplace yang khusus menangani dsain grafis antara lain 99designs.
10. Pengelola media sosial
Hampir setiap orang baik muda hingga tua di seluruh dunia kebanyakan saat ini sudah memiliki media media sosial, bahkan ada yang memiliki lebih dari satu akun jejaring sosial. Perkembangan fungsi media sosial saat ini lebih melebar lagi dan tak hanya dijadikan sebagai ajang sosialisasi dan komunikasi. Kini akun jejaring sosial juga digunakan sebagai alat personal branding bagi orang-orang atau tokoh profesional. Karena kesibukan mereka, seringkali mereka membutuhkan pihak lain untuk mengelola akun media sosialnya dengan imbalan sejumlah uang. Hal inilah yang merupakah peluang untuk seseorang dalam memperoleh pendapatan menjadi seorang pengelola akun jejaring seorang profesional. Tentu saja akan ada batasan-batasan tetentu dalam mengambil langkah pengolahannya. Namun hal tersebut pastilah mudah untuk dipelajari dan dilakukan.
11. Publisher adsense
Memiliki blog atau website pribadi yang dikunjungi banyak orang setiap harinya tentu membuka peluang seseorang untuk mendapat keuntungan dengan menjalankan publisher adsense. Keuntungan yang dapat dihasilkan dengan menjalankan bisnis yang satu ini sudah tak diragukan lagi karena bsia menembus jutaan hingga puluhan juta setiap bulannya. Cara kerja bisnis ini adalah dengan memanfaatkan pengunjung blog atau website yang banyak. Caranya adalah dengan mendaftarkan diri sebagai publisher adsense lalu tugas utamanya adalah menarik sebanyak mungkin pengunjung ke blog atau website pibadi dan menampilkan space iklan dari google. Omset pemasukan akan dihitung setiap klik pada iklan yang diakses pengunjung.
12. Pembuatan website
Masih seputar jasa, bisnis online 2018 yang memberikan peluang usaha yang memiliki prospek cerah adalah jasa pembuatan website. Di jaman yang serba canggih ini, nampaknya website sudah menjadi kebutuhan primer hampir untuk semua usaha yang ada di dunia. Website memiliki kedudukan sebagai kantor bayangan di dunia maya yang akan lebih mudah diakses dari mana dan kapan saja. Selain kebutuhan bagi perusahaan, orang-orang atau ahli profesional juga membutuhkan website atau blog pribadi untuk mengukuhkan posisi atau kedudukannya. Latar belakang inilah yang membuat jasa pembuatan website saat ini semakin banyak dibutuhkan. Apalagi di tengah kesibukan dan kegiatan yang padat, maka tak ada waktu untuk membuat websiote sehingga mempercayakannya pada penyedia jasa. Selain keahlian profesional yang wajib dimiliki oleh seorang penyedia website, hal yang paling penting agar usaha tersebut berhasil adalah promosi atau pemasaran mengenai jasa yang Anda sediakan.
13. Penulis artikel
Setiap orang dapat dipastikan mampu menulis sebuah artikel. Namun, tak semua orang memiliki kemampuan dalam merangkai kata-kata menjadi sebuah artikel yang berkualitas. Artikel kualitas yang dimaksud disini adalah sebuah artikel yang mampu menarik hati pembaca dan memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pembaca. Tak hanya susunan kata yang mudah dicerna, kalimat yang komunikatif pun diperlukan agar sebuah artikel berkualitas terlahir dari tangan dingin seorang penulis artikel. Apabila Anda memiliki kemampuan menulis seperti yang dijelaskan di atas, maka jangan ragu-ragu untuk medatangkan rupiah dengan berbisnis sebagai penulis artikel. Selain menulis artikel di blog pribadi yang menarik banyak pengunjung sehingga akan ada banyak iklan yang muncul, Anda juga dapat bekerjasama dengan perusahaan penyedia artikel. Akan lebih banyak pundi-pundi rupiah yang diperoleh jika artikel ditulis dengan bahasa Inggris.
14. Menjadi Youtuber
Menjadi seorang youtuber merupakan bisnis penghasil pundi-pundi rupiah dengan skala besar hingga jutaan yang dapat dilakoni masyarakat yang hobi membuat video. Yang terpenting adalah memikirkan dengan matang tema video yang berkualitas yang akan diupload ke youtube. Jumlah viewer dan subscriber di channel YouTube yang tinggi akan mendatangkan para pemasang iklan yang memberikan komisi kepada pemilik channel. Terdapat dua jenis cara memperoleh komisi dari iklan yakni dengan memperoleh komisi di setiap klik dan komisi tiap kali tayang. Jangan sia-siakan keahlian dalam mengabadikan moment dengan membuat video dengan menguploadnya di channel Youtube. Selain pengalaman bertambah, pundi-pundi rupiah pun akan bertambah. Menjadi seorang YouTuber pun merupakan sebuah peluang usaha baru yang menjanjikan.
15. Penyedia jasa Digital Agency
Dapat muncul di laman awal Google merupakan keuntungan yang sangat besar karena kemungkinan diklik sangat tinggi. Namun ternyata dapat muncul di halaman awal tidak terjadi begitu saja namun membutuhkan campur tangan digital agency yang menyediakan promosi di bidang jasa digital. Membludaknya jumlah perusahaan yang ingin promosinya berhasil dan lebih luas jangkauannya membuat bisnis penyedia jasa digital agency semakin dicari dan berprospek baik.
16. Penyedia jasa pindah rumah
Baik single ataupun orang yang sudah berkeluarga selalu dipusingkan pada saat hendak pindah rumah, kos-kosan atau kontrakan. Terlebih bagi yang tak punya banyak waktu untuk mengemasi barang-barang karena kesibukan pekerjaan. Untuk membantu mengatasi masalah yang dialami banyak orang tersebut, terdapat usaha yang dapat medatangkan keuntungan yaitu menyediakan jasa pindah rumah yang dioperasikan secara online untuk mengikuti perkembangan teknologi. Dengan demikian, para konsumen yang hendak menggunakan jasa dapat mengakses informasi atau berkomunikasi darimana saja dan kapan saja. Untuk bisnis yang satu ini, hal yang paling utama selain pemberian kualitas pelayanan adalah jalur promosi yang tepat seperti via surat kabar, stiker, media sosial dan lain-lain. Sebagai informasi, banyak sekali mahasiswa yang lebih senang menggunakan jasa ini ketika hendak pindah rumah atau kontrakan karena alasan praktis.
17. Jasa rental drone
Ide berbisnis saat ini memang tak ada matinya. Salah satu inovasi berbisnis yang mendatangkan keuntungan adalah menyewakan drone. Drone merupakan kamera yang dibekali dengan high definition yang tergolong produk mewah di Indonesia. Banyak pihak yang membutuhkan drone seperti developer, instansi pemerintahan hingga perusahaan yang lebih memilih untuk menyewa dibanding dengan membelinya. Peluang inilah yang membuat persewaan drone semakin diminati. Terlebih penyedia jasa persewaan drone juga belum banyak.
18. Penyedia jasa Buzzer
Sebenarnya buzzer merupakan sebuah komponen elektronika yang digunakan sebagai pengubahan getaran listrik menjadi getaran suara. Namun seiring berjalannya waktu, istilah buzzer mengalami pergeseran makna menjadi sebuah penyedia jasa pemberian rekomendasi tentang berbagai produk yang dipromosikan atau ditawarkan. Proses pemberian rekomendasi ini dilakukan dengan meng-tweet informasi pada akun twitter. Menjadi seorang buzzer kali ini banyak diminati karena memberikan peluang pendapatan yang tinggi. Selain itu, menjalankan bisnis ini tak membutuhkan modal besar. syarat utamanya hanyalah memiliki follower atau pengikut yang banyak.
19. Membuat kebaya yang fashionable
Trend fashion memang selalu berputar dari masa ke masa. Sebuah trend di masa lalu bisa jadi trend yang fashionable di masa sekarang. Salahs atu contohnya adalah kebaya. Jika dahulu kebaya dianggap sebagai gaya berpakaian tradisional dan kuno, kali ini justru kebaya mengalami kebangkitan trend. Banyak yang menjadikan kebaya sebagai busana tradisional yang dikenakan disegala acara formal maupun harian. Bahkan banyak pengantin yang masih menggunakan kebaya modern sebagai busana di hari yang sakral tersebut. Hal inilah yang menjadi salah satu dasar peluang usaha 2017. Untuk memperoleh penghasilan, bagi yang memiliki kemampuan menjahit, Anda dapat membuat kebaya yang fashionable sehingga mendatangkan keuntungan.
20. Menyediakan jasa pembuatan kartu undangan dan kartu ucapan pernikahan unik
Masih berhubungan dengan pernikahan, kali ini banyak pasangan calon pengantin yang mencari-cari ide unik untuk pernikahan mereka mulai dari konsep yang merambah ke kartu undangan, kartu ucapan dan lain sebagainya. Apabila Anda memiliki keahlian khusus dalam mendesain dan menciptakan undangan dan kartu penikahan yang unik dan atraktif, tak ada salahnya untuk membuka bisnis pembuatan undangan dan kartu ucapan pernikahan unik tersebut. Prospek dari bisnis ini sangatlah cerah karena pasti akan ada banyak pihak yang tertarik. Pembuatan undangan serta kartu ucapan pernikahan yang unik menjadi salah satu ide usaha kreatif inovatif  yang sangat berkembang saat ini.
21. Membuat produk dari daur ulang plastik
Sampah plastik bergambar ternyata memiliki nilai ekonomi jika dikelola dengan benar. Yang dapat dilakukan dengan sampah plastik bergambar seperti bungkus sabun, detergen, kopi, permen dan masih banyak lagi adalah membuatnya menjadi berbagai produk seperti tas, dompet, rak sepatu, rak tas dan masih banyak lagi. Selain dapat mengurangi pencemaran, daur ulang plastik dengan membuatnya menjadi produk-produk menarik juga dapat membuahkan keuntungan. Saat ini semakin banyak masyarakat yang berminat untuk membeli berbagai produk daur ulang yang dikemas secara menarik. Jadi, tinggal lakukan promosi yang tepat saja.
22. Membuat kotak rokok dengan tampilan unik
Bagi yang memiliki kreatifitas tinggi, manfaatkan kemampuan tersebut dengan menciptakan berbagai produk yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Produk yang unik dan mudah dibuat akan mendatangkan keuntungan yang tinggi jika terus ditekuni pembuatannya. Salah satu produk yang dapat dibuat adalah kotak tempat rokok yang dapat dibuat dengan desain batik, gambar hewan dan masih banyak lagi. Gunakan bahan-bahan yang tak terlalu mahal namun mudah dibuat dan tuangkan ide kreatifitas setinggi mungkin untuk menghasilkan kotak rokok yang menarik. Tentu saja produk ini akan memiliki daya jual tinggi di pasaran. Hal ini karena jumlah perokok di Indonesia saat ini masih tergolong tinggi.
23. Jasa laundry
Kebanyakan masyarakat saat ini disibukkan dengan pekerjaan dan kegiatan sosialnya sehingga tak memiliki banyak waktu untuk menyelesaikan semua pekerjaan rumah sendiri termasuk mencuci atau menyetrika. Celah inilah yang sangat baik dimanfaatkan untuk membantu masyarakat mencukupi kebutuhan mereka yang tentunya dengan imbalan yang sesuai. Salah satu penyediaan jasa yang sangat pas dijadikan ladang bisnis adalah jasa laundry. Masyarakat yang terlalu sibuk akan memilih menggunakan jasa laundry untuk alasan kepraktisan. Yang terpenting dalam menjalankan bisnis ini adalah mengutamakan kualitas pelayaan dan jangan sampai mengecewakan pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dengan menyelesaikan tepat waktu dengan hasil yang maksimal dalam hal kehalusan serta keharuman. Memberikan bonus gratis sekali setelah 10 kali laundry juga menjadi langkah promosi yang menarik.
24. Jasa cuci motor
Karena alasan kesibukan pula banyak masyarakat yang tidak punya waktu untuk mencuci mobil atau motornya. Hal ini tentu membuat peluang keberhasilan besar bagi bisnis penyedia jasa pencucian motor karena akan ada banyak konsumen yang datang. Memang memerlukan modal yang tak sedikit, namun jika sudah berjalan dengan lancar, keuntungan besar akan diperoleh dari bisnis jasa cuci motor ini. yang terpenting adalah memberikan pelayanan yang berkualitas dan melakukan promosi yang menarik.
25. Jasa percetakan
Bisnis percetakan mengalami perkembangan yang cukup pesat dari awal kemunculannya yang masih dikerjakan dengan teknologi konvensional. Perkembangan waktu dan era membawa bisnis percetakan saat ini mengaplikasikan teknologi modern dan lebih populer dengan istilah jasa printing. Saat ini banyak sekali pihak yang membutuhkan jasa printing mulai dari pembuatan kaos, spanduk dan merchandise lainnya. Keahlian dalam bidang printing juga dapat dipelajari dengan mudah sehingga untuk menjalankan bisnis ini tak membutuhkan waktu yang lama untuk persiapan. Mesin printing kali ini juga sudah banyak tersedia. Yang terpenting adalah selalu melahirkan ide kreatif yang ditumpahkan dalam produk, pelayanan tepat waktu dan maksimal serta kualitas yang selalu dikedepankan.
26. Membuka bimbingan belajar
Saat ini banyak orangtuan yang menyadari jika memiliki kesibukan sangat padat dan tidak memiliki waktu yang banyak untuk mendampingi sang buah hati untuk belajar. Ditambah kurikulum pembelajaran yang semakin memiliki target tinggi dalam pencapaian prestasi siswa. Mau tak mau banyak orang tua yang mengikutkan anaknya dalam bimbingan bejelar baik secara privat maupun kelompok. Bagi yang memiliki ruangan di rumah dan letak rumahnya strategis, membuka bimbingan belajar merupakan ide berbisnis dengan prospek yang bagus. Yang terpenting adalah memiliki kemampuan dan integritas dalam mendidik peserta didik supaya memperoleh prestasi dengan hasil yang lebih baik.
27. Usaha jasa delivery
Kurir tak hanya dibutuhkan masyarakat untuk mengantar barang atau dokumen dari satu kota ke kota lain saja. Namun kurir juga dibutuhkan masyarakat untuk mengantar barang atau dokumen dari kawasan satu ke kawasan lain meskipun dalam lingkup kota atau kabupaten yang sama. Alasan kebutuhan kurir adalah kesibukan. Untuk itu, bisnis penyediaan jasa delivery atau kurir dalam kota bisa menjadi lapak penghasilan yang cukup besar dengan mengedepankan kualitas pelayanan. Layanan pemesanan dapat dilakukan via sms, telepon atau akun jejaring sosial dengan tarif yang disesuaikan dengan jarak tempuh. Bisnis penyediaan jasa kurir juga merupakan peluang usaha terbaru dan terlaris yang dapat dilaksanakan saat ini, modalnya juga tidak terlalu besar.
28. Jasa persewaan kostum
Di Indonesia cukup banyak festival, perayaan atau acara kesenian yang membutuhkan beragam kostum dalam pelaksanaanya. Jika untuk dipakai satu satun atau beberapa bulan sekali saja pasti banyak masyarakat yang memilih untuk menyewa kostum daripada membelinya. Untuk itu, bisnis persewaan kostum yang menyediakan beragam kostum dari mulai karakter, profesi hingga kostum busana adat dari berbagai suku yang tersedia dalam beragam ukuran dan berbagai usia akan sukses di pasaran. Apalagi saat ini keberadaan persewaan baju masih sangat terbatas.
29. Gerai pembayaran pajak atau tagihan dan pulsa
Walaupun memiliki banyak pesaing di bidang yang sama, namun membuka usaha gerai pembayaran berbagai pajak, tagihan serta penyediaan pulsa selalu menjanjikan keberhasilan. Hal ini disebabkan membayar dan membeli pulsa saat ini merupakan kewajiban primer atau pokok bagi hampir seluruh masyarakat. Ada banyak sekali tagihan atau pajak yang saat ini dapat diajak kerjasama dalam pembayarannya seperti PDAM, BPJS, token listik, langganan TV dan masih banyak lagi.
30. Membuka bisnis kuliner sederhana
Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia yang selalu hadir sepanjang waktu. Atas dasar hal inilah bisnis makanan memiliki jangka waktu sangat panjang. Setiap waktunya, inovasi-inovasi masakan yang diperjual belikan selalu berkembang dengan pesat. Bisnis kuliner yang dapat meraup kesuksesan tentu saja yang daat menyajikan makanan yang unik dengan ide dan inovasi kreatif sehingga membuat orang penasaran untuk mencoba. Namun menjadi beda dengan yang bukanlah satu-satunya modal terpenting. Yang tak kalah penting adalah cita rasa yang disuguhkan nikmat serta kualitas pelayanan yang memuaskan. Tak perlu muluk-muluk dalam memulai usaha bisnis kuliner karena bisa memulai dari warung yang sederhana dahulu misalnya bakso dengan berbagai isian atau berbagai bentuk, cilok dengan beragam rasa saus dan berbagai inovasi yang lain.
31. Franchise produk makanan dan minuman
Peluang usaha 2018 yang tak kalah menjanjikan saat ini adalah franchise beragam produk makanan. Langkah bisnis yang satu ini sangat pas dilakukan bagi yang tertarik bisnis dalam dunia kuliner namun masih bingung dalam menentukan menu makanan yang hendak disajikan. Franchise merupakan bisnis kuliner dengan menyetorkan sejumlah modal ke perusahaan atau brand produk makanan tertentu untuk dapat menjual makanan tersebut. saat ini banyak brand produk makanan atau minuman yang menawarkan modal awal yang terjangkau. Yang tak kalah menarik dari produk ini adalah penyediaan atribut, seragam, banner, produk dan kelengkapan lainnya sudah dipersiapkan oleh brand produk dan sama persis dengan produk aslinya.
32. Membuka catering
Masih berbau bisnis dalam bidang makanan, bisnis catering saat ini membuka peluang keuntungan yang besar bagi para pebisnisnya. Meskipun persiapan dan modalnya lebih banyak dibanding dengan bisnis kuliner biasa, namun hasil yang diperoleh jika catering sudah berjalan akan berlipat ganda. Yang terpenting adalah kualitas produk dan tenaga yang dimiliki serta langkah promosi yang tepat. Jangan lupa untu meminta sebagian dana sebagai down payment atau DP minimal 50% setelah pemesanan supaya tak terjadi hal yang tidak diinginkan.
33. Membuka gerai makanan khas dan populer
Bisnis yang berbau makanan atau kuliner merupakam bisnis yang tak ada matinya. Selain makanan merupakan kebutuhan primer atau pokok manusia, makanan juga berhubungan langsung dengan cita rasa seseorang. Membuka gerai makanan atau camilan khas dan yang sedang populer denga penambahan inovasi supaya tampil dengan kemasan dan rasa yang berbeda dapat membuat bisnis ini dapat berkembang dengan lebih pesat. Anda juga dapat melakukan promosi di media sosial dengan menampilkan gambar yang menggoda dan membuat orang penasaran untuk mencoba.
34. Usaha makanan beku
Sudah banyak yang membuktikan bahwa bisnis frozen food atau makanan beku dapat memberikan penghasilan tinggi setiap bulannya. Bahkan omset yang dapat dicapai jika usaha ini sudah berhasil tak luput dari puluhan juta rupiah. Produk makanan beku yang banyak sekali diminati saat ini adalah bakso, nugget, tempura, sosis dan masih banyak lagi. Dengan modal yang kecil saja, bisnis makanan beku yang beresiko kecil karena tahan lama dapat mendatangkan untung besar.
35. Menjual bubur makanan bayi organik
Banyak jalan menuju roma, nampaknya pepatah tersebut benar adanya jika diaplikasikan di kehidupan berbisnis. Ada banyak sekali pilihan berbisnis yang mudah dilakukan namun menghasilkan pendapatan yang tinggi. Salah satunya adalah berbisnis menjual bubur makanan baik organik. Kini kesadaran ibu akan kesehatan buah hati melalui asupan semakin tinggi. Termasuk pemilihan asupan bubur organik yang lebih menyehatkan. Namun banyak ibu yang tak tlaten dan sibuk sehingga tak punya waktu untuk membuatnya. Menyediakan produk bubur organik adalah langkah yang tepat untuk emmbantu para ibu mencukupi nutrisi buah hati sembari memperoleh keuntungan.
36. Bisnis catering sehat
Selain bisnis bubur organik, ada lagi bisnis kuliner sehat yang memiliki prospek bagus. Bisnis tersebut adalah bisnis catering sehat dan catering diet. Selain masih langka, bisnis ini juga mendatangkan keuntungan yang besar. tahun 2017 ini, sudah banyak sekali masyarakat yang sudah sadar akan pentingnya pola hidup sehat namun tak mau ribet dalam menyiapkan dan menyajikan makanan yang sehat. Terlebih untuk orang yang melaksanakan program diet, sajian makanan merupakan kunci keberhasilan penurunan berat badan. Karena alasan kepraktisan, banyak orang yang mempercayakan menu kesehariannya pada catering sehat atau catering diet. Yang terpenting disini adalah pengetahuan dasar mengenai makanan sehat, pelayanan maksimal dan promosi yang tepat. Dengan beberapa pilar tersebut, bisnis akan berjalan lancar dan semakin sukses.
37. Berbisnis food truck
Masih bisnis di bidang makanan, bisnis food truck nampaknya semakin dilirik saat ini. Namun tantangan tersendiri jika hendak berbisnis ini adalah melahirkan inovasi dan kreasi baru sehingga tak kalah saing dengan food truck lainnya yang semakin menjamur. Konsep restauran berjalan memiliki prospek yang baik asal dapat memilih lokasi dan menu yang tepat. Orang-orang akan berdatangan untuk makan di tempat terdekat jika memang kualitas makanannya memuaskan. Untuk menjalankan bisnis ini, benar-benar diperlukan ide-ide cemerlang supaya pelanggan terus bertambah setiap waktunya.
38. Menjual camilan kekinian
Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang masih sangat menyukai camilan. Camilan menjadi kudapan yang wajib ada selain makanan pokok dan menemani di sela-sela santai sehari-harinya. Camilan yang ikonik dan sukses besar di pasaran saat ini ada banyak sekali, sebut saja makaroni ngehe, maicih dan masih banyak lagi. Apabila Anda tertarik untuk memproduksi camilan, sebaiknya tentukan dahulu sasaran pasarnya adalah para anak-anak muda atau mahasiswa yang memang lebih gemar camilan. Untuk jenis camilannya, coba berpikir lebih inovatif dengan mengingat kembali camilan yang dulu hits pada saat anda kecil. Lakukan sedikit saja inovasi terhadap rasa atau bentuk atau yang lainnya terhadap produk tersebut. Jangan lupa untuk selalu mengedepankan rasa. Pastilah akan banyak orang yang merasa ingin bernostalgia dan penasaran dengan produk camilan yang Anda pasarkan.
39. Membuka kafe modern
Saat ini memang sudah memasuki era dimana para anak muda lebih senang nongkrong sambil bercanda tawa dan melepas penat bersama teman, keluarga atau kekasih. Hal ini membuat pertumbuhan kafe di seluruh daerah di Indonesia yang merupakan salah satu peluang usaha 2018 menjadi berkembang pesat. Jika Anda tertarik dengan bisnis kafe, mulailah dengan inovasi baru yang menerapkan konsep kafe modern dengan desain yang unik. Desainlah tampilan kafe seunik dan senyaman mungkin dilengkapi dengan menu-menu dengan nama unik dan membuat orang ingin mencobanya. Jangan patok harga terlalu tinggi. Menambahkan camilan-camilan ringan dengan konsep yang unik akan menarik konsumen lebih banyak lagi.
40. Bisnis minuman
Cuaca di Indonesia yang tergolong panas membuat bisnis minuman menjadi sangat menjanjikan dan dapat mendatangkan keuntungan besar. di sela-sela aktivitas masyarakat yang menguras tenaga dan keringat, banyak di antara mereka yang langsung menikmati kesegaran berbagai produk minuman seperti jus, milkshake, es cokelat, cha tea, dan masih banyak lagi. Bisnis ini mendatangkan keuntungan yang banyak namun tak membutuhkan modal yang sangat besar. untuk itu, bisnis minuman ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin menjalankan bisnis namun tidak dengan modal besar. yang perlu dilakukan adalah penentuan lokasi penjualan yang baik, di dekat sekolah, kampus, rumah sakit atau tempat strategis lainnya serta inovasi menu yang disajikan.
41. Bisnis produk nutrisi
Di tengah-tengah keluhan masyarakat mengenai produk makanan yang saat ini serba instant dan banyak kandungan nutrisi yang sudah hilang, berbisnis produk nutrisi merupakan ide yang baik untuk menghasilkan pendapatan. Karena semakin langkanya produk makanan dengan kandungan gizi terpenuhi, maka tersedianya produk nutrisi yang dibuat secara alami atau herbal semakin banyak dilirik oleh konsumen. Anda dapat bekerjasama dengan produsen atau distributor produk nutrisi yang benar-benar berkualitas dan legal. Dengan demikian, kepuasan konsumen akan kualitas dan pelayanan Anda akan menjadikan tonggak kesuksesan dalam berbisnis.
42. Bisnis jual beli saham
Sudah berjalan lama dan sudah banyak diketahui jika bisnis jual beli saham merupakan sebuah bisnis 2017 booming dan bisnis yang sangat menguntungkan. Bahkan untuk dapat menghasilkan uang, tak perlku repot-repot berkeringat atau pergi ke kantor. Dari rumah sambil tiduran saja bisa menghasilkan uang dengan menggeluti bisnis ini. yang perlu selalu dilakukan adalah rutin memantau kondisi pasar saham yang kini dapat dengan mudah diakses di smartphone, laptop atau PC. Penghasilan yang diperoleh dari berbisnis saham inipun dapat mengalir dengan sendirinya ke rekening.
43. Bisnis properti
Memiliki modal besar dan keinginan untuk melangsungkan bisnis dengan keuntungan besar dan cepat memperoleh keuntungan dan modal kembali utuh, jawabannya adalah bisnis properti. Pertumbuhan penduduk dan peningkatan ekonomi membuat bisnis properti menjadi semakin subur. Bahkan di tahun 2017 lalu, peningkatan perolehan keuntungan yang dapat diperoleh dari bisnis properti meningkat hingga 12 sampai 15%. Dijamin seseorang akan cepat kaya aya jika sukses menjalankan bisnis properti karena keuntungan yang diperoleh dapat berlipat ganda.
44. Menjual aksesoris elektronik secara online
Peningkatan persentase pengguna gadget dan smarphone pada tahun 2017 menunjukkan lonjakan yang fantastis. Hal ini menjadi dasar dan alasan utama mengapa bisnis aksesoris gadget atau smarphone akan berkibar. Bisnis juga akan semakin mduah dikelola karena dilaksanakan secara online yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Semakin banyaknya pengguna smartphone dan gadget lainnya, maka peluang lakunya aksesoris untuk gadget akan semakin tinggi pula. Berbagai aksesoris yang saat ini diminati oleh banyak orang antara lain powerbank, earphone, casing, lensa kamera, flip casing dan masih banyak lagi.
45. Berjualan berbagai produk import
Banyak keinginan masyarakat untuk membeli barang dari luar negeri namun banyak di antaranya yang tak mau berurusan dengan berbagaib masalah yang mungkin timbul seperti pajak yang sangat tinggi atau barang tersangkut di bea cukai dan sulit untuk proses pengurusannya. Untuk mengatasi hal ini, menyediakan produk import bagi para pecintanya merupakan bisnis yang sangat potensial dan menguntungkan. Bisnis ini juga menjadi salah satu peluang usaha 2018 yang memberikan hasil potensial.
46. Bisnis fashion artis terkenal
Artis merupakan seseorang yang memiliki banyak penggemar dalam kelangsungan karirnya. Oleh karenanya tak heran jika apapun yang ia kenakan selalu jadi trend dan booming. Dari fenomena ini, bagi Anda yang tanggap bisnis, sangat pas melakukan bisnis memproduksi atau hanya menjual berbagai fashion yang digunakan oleh artis terkenal dengan menyasar penggemarnya sebagai sasaran pasar. Jika dilihat dari kebiasaan kebanyakan masyarakat Indonesia yang senang meniru gaya dan style artis pujaannya, maka bisnis fashion artis terkenal ini akan menjadi lapak yang menghasilkan pundi-pundi rupiah yang menguntungkan. Apalagi jika mampu dan berhasil memproduksi sendiri produknya. Yang terpenting adalah selalu up to date dengan perkembangan dunia keartisan.
47. Bisnis pesan barang dari luar negeri
Bisnis yang tak kalah menjanjikan di tahun 2018 dan tahun-tahun yang akan datang selanjutnya adalah bisnis layanan pemesanan barang dari luar negeri. Bagi sebagian masyarakat memiliki barang produksi luar negeri merupakan kepuasan tersendiri. Namun banyak dari mereka yang kesulitan untuk memperoleh produk. Disinilah bisnis ini dapat bekerja secara optimal. Melalui layanan yang disediakan, masyarakat akan lebih mudah dalam melakukan pemesanan dan akan mendaatkan produk yang diinginkan secara pasti. Yang perlu diperhatikan oleh pebisnis layanan pemesanan barang luar negeri adalah kepemilikan kartu kredit, paypal serta bitcoin. Fee rata-rata yang diperoleh oleh pihak penyedia jasa adalah 10% dari total pemesanan konsumen.
48. Berjualan Produk virtual reality
Bagi Anda yang menginginkan usaha sampingan dengan hasil yang menjanjikan, bisnis virtual reality merupakan jawaban yang paling tepat. Kemajuan teknologi saat ini menggiring masyarakat untuk semakin sadar akan dunia virtual reality dan menjadi dijadikan inspirasi bisnis 2018. Apalagi di tahun-tahun mendatang, kemajuan teknologi dan informasi sudah pasti akan terjadi yang membuat bisnis virtual reality akan semakin jaya dan mendatangkan keuntungan yang melimpah. Untuk menjalankan bisnis ini juga tak begitu sulit hanya memerlukan pengetahuan mendetail tentang dunia virtual reality sehingga mudah dalam melaksanakannya.
49. Bisnis penyediaan mata uang virtual
Mata uang virtual lebih dikenal dengan istilah ‘Cyptocurrency’. Mata uang vitual antara lain mata uang digital dan mata uang alternatif nantinya akan menggantikan keberadaan mata uang kertas secara umum yang digunakan saat ini. Beberapa mata uang di mata uang virtual yang tersedia saat ini antara lain litecoin, dash, dogecoin, bitcoin, ethereum dan masih banyak lagi. Bisnis yang satu ini mungkin terdengar aneh, namun prospeknya akan sangat baik dan pada masanya nanti mata uang digital akan merajai transaksi keuangan dunia.
50. Jual beli ikan hias
Ikan hias sudah tak asing lagi dalam menghiasi kolam atau akuarium yang berada di rumah. Tahun 2018 nampaknya akan menjadi tahun hoki buat pebisnis ikan hias karena menunjukkan persentase minat masyarakat yang meningkat. Ada dua macam ikan hias yang dapat dijual antara lain ikan hias air tawar dan air laut. Nama-nama ikan yang sedang hits dan banyak dicari orang saat ini adalah ikan cupang, oscar, napoleon, kuda laut, discuss dan masih banyak lagi. Penggemar ikan hias datang dari berbagai kalangan dari mulai anak-anak hingga orang tua. Untuk lebih menarik konsumen, langkah yang dapat dilakukan adalah menyajikan ikan yang ditata di dalam akuarium display yang rapi dan bersih, lakukan pula promosi melalui media sosial dengan menampilkan foto atau gambar ikan yang dijual secara menarik.
Ternyata ada banyak sekali peluang usaha 2018 yang dapat dilakukan untuk dijadikan sumber penghasilan bukan? Dari 50 berbagai pilihan usaha di atas dapat dijadikan referensi dalam memilih bidang atau jenis usaha mana yang sesuai dengan kemampuan dan kondisi Anda saat ini.
Semoga bermanfaat dan selamat berwirausaha!

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar